Thursday, March 24, 2016

Fitness Tidak Hanya Angkat Beban


Sebagian besar orang menganggap fitness itu mengangkat beban terutama para kaum. Tapi yang ingin saya katakan lebih dari itu. Bila tidak fitness itu sama saja dengan kerja kasar atau bisa disebut “kuli” dan kita akan cepat merasa bosan fitness.



Disini saya akan membicarakan seni yang terkandung di dalamnya sehingga banyak orang tetap menekuni fitness salah satunya saya sendiri.
Dari kata dasar fitness adalah “fit” yang bisa diartikan adalah sehat. Jadi Fitness itu bukan angkat beban seperti yang didengungkan selama ini. Maka dari itu, baik pria maupun wanita, tua atau muda harus melakukan fitness agar tetap fit.
Pertama kita harus temukan motivasi dalam diri kita. Karena perubahan yang kita lakukan akan terus berlanjut secara berkesinambungan bila itu datang dari diri sendiri bukan dari paksaan atau intervensi dari pihak lain.
Kedua adalah tujuan. Seperti semua hal dalam kehidupan kita, harus kita lakukan dengan tujuan. Untuk fitness ini adalah untuk kesehatan apabila melenceng dari itu, saya jamin tidak akan bertahan lama dan bisa menyimpang. Misalnya untuk supaya badan kekar dan berotot secara instan, anda bisa fitness dengan menggunakan steroid tanpa mempedulikan factor resikonya. Keuntungan visual yang ditawarkan dari fitness seperti badan atletis bisa dijadikan acuan tetapi bukan yang utama.
Ketiga yang adalah cara. Ini yang terpenting karena merupakan peta dalam melakukan fitness. Dengan cara yang benar yang nanti saya akan bahas. Kita dapat terus melakukan fitness dengan penuh semangat tiap harinya tidak hambar dan bosan.
Berikut cara - cara fitness yang perlu diperhatikan :
1. Posisi
Adalah salah satu fondasi dari fitness yang menentukan keberhasilan dari fitness. Bagaimana kita harus mengatur posisi duduk, posisi mengayuh, posisi belari, dsb sangatlah penting, mengapa? Agar kita dapat memperoleh hasil yang maksimal, perkembangan otot dan postur yang baik. Menghindari hal – hal yang tidak diinginkan seperti : fitness sudah lama tapi tidak terlihat hasil, otot yang besar sebelah, low back pain dan mungkin sampai kelainan pada tulang belakang. Untuk hal ini, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan trainer.
2. Teknik
Banyak orang mengangkat beban yang sangat berat tapi ternyata tekniknya salah, sehingga sudah bertahun – tahun fitness tetap begitu saja tidak ada perkembangan malah yang di dapat adalah pegel – pegel tanpa hasil. Karena tidak memperhatikan teknik dengan baik.
Beban memang baik tapi optimal bukan maksimal, maksudnya adalah beban terberat yang masih kita bisa angkat dengan posisi yang benar bukan beban terberat yang kita angkat dengan asal.
Agar mengetahui teknik yang lebih baik, jangan malu untuk bertanya kepada trainer anda. Setiap kali fitness coba rasakan otot yang ingin anda latih, apabila tidak berasa atau malah berasa di tempat lain, kemungkinan besar gerakan anda salah.
Disini yang bisa saya share, yang mungkin sering dilupakan oleh teman – teman salah satunya teknik pernapasan. Biasanya yang kita lakukan adalah membuang napas pada saat beban terberat itu tidak salah memang, tapi kita juga mengkombinasikan dengan melihat gerakan tubuh kita. Apabila gerakan kita mengakibatkan pengembangan pada dada, kita bisa melakukan yang sebaliknya justru pada saat beban terberat kita mengambil napas.
3. Kombinasi
Ini yang biasanya dilupakan oleh teman – teman. Kita bisa melakukan berberapa kombinasi dalam fitness jangan terlalu terpaku pada satu alat. Kita bisa mencoba beberapa alat. Istilahnya seluruh gym kita telusuri dan jangan malu bertanya apabila kita melihat ada gerakan baru atau alat baru yang kita tidak mengerti cara memakainya.
Prinsipnya fitness bukan sekedar mengangkat beban di gym. Tapi lebih dari itu, kita bisa lakukan segala sesuatu sampai hal yang terkecil dengan fitness. Misal : parkir yang agak jauh pada saat pergi ke mall agar kita dapat berjalan lebih jauh membakar lemak. Disini kita dipancing berkreasi lebih dari sekedar mengangkat beban.
4. Istirahat
Sekali lagi kita bukanlah mesin yang bisa beropersi 24 jam dalam sehari atau 7 hari dalam seminggu. Kita perlu beristirahat. Bila anda merasa jenuh dan bosan mungkin itu adalah sebuah “alert” atau tanda anda kurang istirahat. Usahakan tidur 6-8 jam sehari. Untuk memulihkan kondisi anda.
5. Nutrisi Nutrisi adalah bensin kita. Seperti halnya mobil bila bensinnya tidak cukup maka akan mogok di tengah jalan. Begitupula kita, bila kita tidak mencukupi bensin kita akibatnya adalah kita juga bisa “mogok” yaitu sakit. Maka dari itu kita harus menjaga asupan gizi kita seimbang, terus menggiatkan sarapan pagi yang selain untuk sumber energy juga sumber pembakar lemak.

No comments:

Post a Comment